Pengaruh Musim Pada Kelembaban Lantai Kayu Dan Solusinya

"Pengaruh Musim Untuk Kelembaban Lantai Kayu Parquet Dan Solusinya" : Lantai kayu parquet merupakan lantai kayu yang banyak sekali digunakan untuk menghiasi lantai rumah rumah modern agar terlihat lebih elegan dan mewah. Namun ada perbedaan antara lantai rumah dari keramik atau tembok dengan lantai kayu. Lantai kayu merupakan lantai yang dapat menyusut dan juga mengembang yang diakibatkan oleh beberapa unsur penyebab. Salah satu yang mempengaruhi penyusutan dan mengembangnya adalah kelembaban udara. Walaupun lantai kayu ini pada saat diproduksi ini telah melalui tahapan treatment yang mampu menjaga agar lantai kayu ini tetap dalam kondisi kering, namun kelembaban yang diakibatkan oleh faktor luar mampu mengalami perubahan bentuk pada lantai kayu ini. Jika faktor luar ini memiliki pengaruh yang sangat besar, maka perubahan yang terjadi pada lantai kayu ini juga akan dapat terlihat dengan jelas. Pada saat musim hujan, lantai kayu ini akan mengembang akibat cuaca yang lembab dan sebaliknya jika cuaca panas atau kering, lantai kayu ini akan menyusut. Namun hal tersebut terjadi jika cuaca berlangsung sangat ekstrim karena jika cuaca berubah hanya dalam batas normal maka tidak akan berpengaruh apa apa pada lantai kayu ini.

Berikut ini cara menyiasti perubahan cuaca tersebut agar lantai kayu parquet tidak berubah walaupun di luar terjadi perubahan cuaca yang sangat ekstrim :

  • Pada Saat Musim Hujan
Pada saat musim hujan, kelembaban udara untuk ruangan akan naik hingga mencapai 90%. Lantai kayu ini akan menyerap kelembaban udara tersebut yang akhirnya lantai kayu pun akan mengembang. Jika hal ini terjadi, maka lantai kayu akan mengalami cupping. Artinya bahwa lantai kayu ini akan mengalami tepi papan yang lebih tinggi daripada pusat lantai kayu tersebut. Solusinya adalah dengan melakukan instalasi suhu ruangan yang disesuaikan dengan menggunakan AC atau dehumidifer pada saat musim hujan.

  • Pada Saat Musim Panas
Musim panas adalah musim dimana tingkat kelembaban udara sangat kecil sehingga lantai kayu ini akan melepaskan kelembaban tanpa menerima kembali kelembaban yang sesuai. Efek yang terjadi adalah papan akan menjadi tipis sehingga jarak antar papan lantai kayu akan membuka yang mengakibatkan keindahan lantai kayu ini akan terganngu. Hal ini mungkin akan terjadi jika cuaca terjadi sangat ektrim sehingga anda harus memasang kontrol kelembaban udara sehingga anda akan mampu memonitor tingkat kelembaban dan kemudian akan dapat dikontrol dengan menggunakan humidifier yang sesuai dengan suhu udara.

Itulah beberapa strategi untuk menyiasati perubahan pada lantai kayu parkuet pada musim musim tertentu yang pada dasarnya akan dapat disiasati dengan melakukan kontrol suhu pada ruangan yang berlantai kayu tersebut. Dengan demikian, suhu udara dan cuaca ekstrim apapun yang terjadi di luar rumah akan dapat dinormalkan dengan melakukan kontrol pada suhu ruangan rumah anda dan tidak memberikan efek yang besar pada lantai kayu di dalam ruangan rumah anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghilangkan Bekas Cat Pada Lantai Kayu

SEO Jakarta

SEO Rental Mobil Purwokerto