Cara Daftar Merek Dagang

Daftar Merek Dagang Bagi Pengusaha Kecil Dan Industri Rumah Tangga

                Daftar merek tidak hanya harus dilakukan oleh pengusaha pengusaha berskala besar saja tapi pengusaha kecil bahkan industri rumah tangga dapat melakukan pendaftaran merek ini bahkan sangat disarankan. Apapalgi saat ini pemerintah memiliki keterikatan yang sangat kuat pada pengusaha pengusaha kecil yang dibuktikan dengan banyak bantuan untuk pengusaha kecil dan industri rumah tangga agar dapat mengembangkan bisnis usaha dan bersaing di kancah perekonomian yang sedang berjalan. Tapi keberpihakan pemerintah pada masyarakat kecil ini tidak lantas direspon baik oleh pengusaha kecil dan industri rumahan dengan alasan keterbatasan sarana dan prassarana seperti tidak memiliki legalitas usaha, aset yang dimilikinya banyak yang tidak memiliki sertifikat, tidak memiliki pembukuan yang jelas, tidak memiliki merek dagang ataupun tidak terdaftar berdasarkan legalitas hukum. Padahal legalitas hukum untuk sebuah merek dagang sangat bermanfaat bukan hanya bagi pengusaha besar ataupun perusahaan berkapasitas besar tapi juga bagi pengusaha kecil dan industri rumah tangga.

                Maka dari itu, pengusaha kecil dan dindustri rumah tangga di jaman modern seperti sekarang ini sudah seharusnya mendaftarkan merek dagang yang dimilikinya pada direktorat terkait. Memang tidak semudah membalik telapak tangan dan tidak sesederhana yang diperkirakan karena untuk melakukan pendaftaran merek ini pengusaha kecil dan industri rumahan harus memenuhi syarat syarat yang bisanya menjadi benturan terganjalnya melakukan pendaftaran untuk merek dagang yang dimilikinya. Ganjalan ganjalan yang biasa terjadi diantaranya adalah kepemilikan Surat Ijin Usaha Perdagangan atau SIUP yang bisanya jarang pengusaha kecil dan industri rumahan yang memilikinya karena alasan alasan tertentu. Pengusaha kecil dan industri rumahan ini kebanyakan tidak memiliki Tanda Daftar Perusahaan atau TDP yang juga syarat yang harus dipenuhi pada saat mendaftarkan merek. Selain itu, pihak yang mengajukan merek untuk barang yang diperdagangkan ini juga harus memiliki HO yang mana HO ini adalah ijin gangguan yang biasanya dalam proses pembuatannya harus menyertakan NPWP. Khusus bagi produksi makanan dan minuman atau apapun yang dikonsumsi, harus ada sertifikat dari Departemen Kesehatan dan lembaga terkait sebagai bukti kalau makanan dan minuman tersebut aman dan halal untuk dikonsumsi namun untuk proses pembuatannya akan lebih rumit juga dan membutuhkan biaya administrasi yang tidak sedikit.

                Walaupun hal tersebut sangat rumit tapi bukan berarti menjadi alasan bagi pengusaha kecil dan industri rumahan untuk tidak melakukan daftar merek yang dimilikinya untuk dilindungi karena semuanya dapat dicapai jika anda berusaha untuk mendapatkannya. Percayalah, ada banyak keuntungan dan banyak sekali keunggulan yang akan anda dapatkan jika anda telah mendaftarkan merek usaha yang anda kelola. Ada secercah kenyaman bagi anda dan bukan tidak mungkin usaha anda yang jenisnya merupakan industri rumahan dapat berkembang menjadi usaha kecil dan menengah bahkan bisa lebih berkembang menjadi perusahaan yang lebih besar lagi. Bisnis adalah sebuah tanda tanya tapi dapat anda jawab jika anda telah memiliki materi untuk menjawabnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghilangkan Bekas Cat Pada Lantai Kayu

SEO Jakarta

SEO Rental Mobil Purwokerto