Prosedur Pendaftaran HAKI

Prosedur Pendaftaran HAKI Untuk Novel Dan Karya Tulis Lain

    Prosedur pendaftaran HAKI khususnya untuk novel ataupun karya tulis lainnya harus dilakukan secara benar dan prosedural agar apa yang telah anda lakukan tidak mengalami hambatan dan lancar sesuai dengan harapan. Karya tulis adalah sebuah alur cerita yang dibuat dengan sedemikian rupa yang datangnya berdasarkan ide, inspirasi dan kejadian kejadian kemudian dituangkan dalam bentuk susunan kalimat yang sudah dapat dipastikan tidak akan ada kesamaan dengan cerita lainnya. Jika terjadi kesamaan didalam alur cerita ataupun berbagai hal yang ada didalamnya, kemungkinan besar itu adalah hasil jiplakan. Maka dari itu, setelah anda menyelesaikan semua karya tulis anda, anda lakukan pendaftaran hasil karya tulis tersebut pada pemberi hak paten atas karya tulis yang telah anda buat. Dengan adanya hak paten inilah karya tulis anda baru dapat diterbitkan oleh perusahaan penerbit sehingga hasil karya tulis anda dapat dibaca banyak orang.

    Jika anda ingin mendaftarkan novel yang anda buat atau hasil karya tulis lainnya agar memiliki hak cipta, berikut prosedur pendaftaran HAKI yang benar :

•    Langkah Langkah Pendaftaran Hak Cifta
Pada saat anda akan mendaftarkan hasil karya tulis anda agar memiliki hak cifta, anda harus membayar pendaftaran permohonan dengan jumlah yang telah ditentukan dan dilakukan transfer ke rekening yang juga telah ditentukan. Setelah itu, anda lakukan legalisasi foto copy KTP sebanyak 2 lembar dan anda dapat menyertakan surat pernyataan jika pada karya tulis yang anda buat menggunakan nama samaran. Tapi tetap dengan mencantumkan nama asli sesuai dengan KTP yang telah anda legalisir tadi. Begitu pula pada saat anda menyertakan foto pada karya tulis anda, anda harus sertakan surat pernyataannya yang menjelaskan kalau anda memberikan izin untuk penggunaan foto tersebut yang sifatnya eksklusif, kondisional dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk formulir pendaftarannya, anda dapat download di internet dari situs resmi pendaftaran HAKI atau anda langsung datang ke kantornya. Bersamaan dengan penyerahan formulir, anda harus menyertakan print ot hasil karya tulis anda sebanyak dua kali yang disertai dengan data diri anda dalam bentuk digital atau CD sebanyak 2 keping.

•    Persyaratan Yang Harus Dikirim
Jika diringkas, persyaratan yang harus dipersipakan untuk dikirim pada HAKI secara lengkap adalah sebagai berikut :
-    Bukti transfer hasil fotocopy-nya
-    Foto copy KTP yang sudah dilegalisasi
-    Surat pernyataan atas penggunaan nama samaran
-    Surat izi atas penggunaan foto jika anda menggunakan foto di dalam karya tulisnya
-    Formulis pendaftaran sebanyak dua rangkap
-    Hasil prin out karya tulis sebanyak dua rangkap
-    Bentuk digital atau CD dengan isi karya tulis dan data diri

Jika semuanya telah anda lengkapi sesuai dengan prosedur pendaftaran HAKI seperti di atas, maka karya tulis anda akan segera mendapatkan hak cifta dan akan mudah perusahaan penerbit untuk menerbitkan hasil karya tulis anda.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghilangkan Bekas Cat Pada Lantai Kayu

SEO Jakarta

SEO Rental Mobil Purwokerto