Kota Solo Baru

Khusus di Jawa Tengah, jika Anda berkunjung ke Kota Solo, tepatnya di Kabupaten Sukoharjo, Anda akan menemukan sebuah kota mandiri yang bernama Solo Baru, yang dikembangkan oleh PT Pondok Solo Permai (PSP).

Pada awalnya, perencanaan pengembangan dan pembangunan kawasan Solo Baru yang mempunyai luas area kurang lebih 200 hektare, lebih mengarah sebagai kawasan pemukiman semata, atau lebih tepat dikatakan sebagai kota satelit.

Lokasi kota baru ciptaan PSP ini memang nyeleneh dibandingkan kota-kota baru di Indonesia seperti BSD atau Lippo Karawaci, keduanya menempel langsung dengan kota metropolitan, Jakarta.

Tidak sedikit yang menentang nama Solo Baru untuk kota yang ada di Jawa Tengah ini.

Menurut Kunto Hardjono, yang sekarang menjabat sebagai komisaris PSP, awal perencanaan pengembangan dan pembangunan kawasan Solo Baru lebih mengarah sebagai kawasan pemukiman semata, atau lebih tepat dikatakan sebagai kota satelit.

Dan, unsur kedekatan inilah yang yang merangsang ke arah ketergantungan Solo Baru kepada kota Surakarta.

Dan, seiring dengan perkembangan Solo Baru sebagai pusat bisnis dan perdagangan untuk kota Solo, lanjut Kunto, maka masyarakat yang menempati pemukiman di kawasan Solo Baru sedikit demi sedikit banyak yang mengarah pada kalangan pelaku bisnis atau eksekutif perusahaan, yang banyak melakukan aktifitasnya di Solo Baru juga kota Solo sendiri.

Bagi PSP yang memiliki status pengembang perumahan, gejala pertumbuhan aktivitas usaha di Solo Baru ini coba untuk disikapi pula dengan malakukan pembangunan rumah-rumah yang disesuaikan oleh tren kebutuhan dan minat kalangan pelaku bisnis atau eksekutif perusahaan.

Adapun beberapa perumahan yang sedang dan telah di bangun dengan sistem clusters di kawasan Solo Baru dan sekitarnya adalah proyek Pondok Indah Permai (PIP) dan cluster Soba Gedangan yang terdiri dari berbagai tipe, seperti Orchid, Jasmine.

Saat ini, jaringan jalan yang dimiliki Kabupaten Sukoharjo telah mencapai total panjang 523 km, yang terdiri dari jalan dalam kota (65,5 km) dan jalan luar kota (457,5 km).

CAKRA TUNGGAL: SEWA MOBIL DI SOLO - 081329307328


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghilangkan Bekas Cat Pada Lantai Kayu

SEO Jakarta

SEO Rental Mobil Purwokerto